Minggu, 26 Februari 2017

Rintis Pemberdayaan Ekonomi

IKA-UINSA Sidoarjo Gandeng APIINDO

Rabu, 11 Januari 2017 23:29:19 WIB
Reporter : M. Ismail
IKA-UINSA Sidoarjo Gandeng APIINDO

Sidoarjo (beritajatim.com) - Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (IKA-UINSA) Sidoarjo merintis gerakan pemberdayaan ekonomi dengan menggandeng para pedagang ikan yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Ikan Indonesia (APIINDO).

Terbentuknya APIINDO ini direspon positif IKA-UINSA Sidoarjo, dengan harapan bisa bekerjasama melakukan gerakan pemberdayaan ekonomi, khususnya di kalangan nelayan dan petani tambak.

Ketua IKA-UINSA Sidoarjo Ghufron Ahmad Yani mengatakan, posisi APIINDO sangat strategis dan dibutuhkan oleh masyarakat di sektor hulu produksi (nelayan dan petani tambak) dalam rangka menggerakkan ekonomi khususnya di sektor distribusi.

"Ya nanti tinggal diatur dan dimonitoring bagaimana keselarasan harga supaya tidak terjadi ketimpangan. Jangan sampai di sini harga ikan nilainya sekian, di sana tidak sama dan ada bahkan yang lebih mahal maupun lebih murah," katanya dalam rilis yang dikirim ke beritajatim.com, Rabu (11/1/2017).

Sementara, Ketua APIINDO Sufi Handoyo yang terpilih di Pasar Sentral Puspa Agro Jemundo Taman menyatakan, wadah ini diharapkan menjadi ajang informasi sesama pelaku usaha perikanan khususnya di Jawa Timur supaya bisa maju bersama. "Dengan kebersamaan Insya Allah kita bisa," katanya.

Dijelaskan Sufi, APIINDO dibentuk sebagai sarana sosialisasi tentang regulasi pola tata niaga perikanan di Indonesia, baik ekspor maupun pasar dalam negeri dan juga sebagai wadah silaturrahim bagi pengusaha-pengusaha perikanan. Sekaligus sebagai supporting program pemerintah tentang pemenuhan kecukupan gizi khususnya gerakan 'Ayo makan ikan'. "Ini wadah untuk kebersamaan. Tujuannya, meningkatkan perekonomian secara bersama," tambah Ketua APIINDO periode pertama itu.

Masih kata Sufi, APIINDO juga sebagai market bagi masyarakat nelayan dan petani tambak. Oleh karena anggota-anggota APIINDO notabenenya adalah pelaku pasar ekspor perikanan dan perdagangan antar pulau serta distributor-distributor lokal bidang perikanan. [isa/suf]

Tag : ikan uinsa

Komentar

?>