Jum'at, 24 Nopember 2017

Pentas Drama Mahasiswa Universitas Adi Buana Surabaya

Nyanyian Angsa WS Rendra Bakal Tampil di Cak Durasim

Senin, 17 Juli 2017 17:19:39 WIB
Reporter : Ribut Wijoto
Nyanyian Angsa WS Rendra Bakal Tampil di Cak Durasim

Surabaya (beritajatim.com) - Uji panggung dilakukan oleh ratusan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Adi Buana Surabaya di gedung Cak Durasim, Senin (17/7/2017). Latihan guna mempersiapkan rangkaian pertunjukan teater yang rencananya dilakukan pada Kamis malam, 18 Juli 2017.

Nyayian Angsa karya W.S. Rendra, Kabar Negeri Timur karya Totenk Mahdasi Tatang, dan Kakus karya Wahyana telah dipilih sebagai menu sajian dalam rangkaian pertunjukan tersebut. Ketiga naskah tersebut masing-masing dibesut oleh Siti Nurhidayati untuk Nyanyian Angsa, Satrio Nugroho untuk Kabar Negeri Timur, dan Masruli Hidayat untuk Kakus.

"Pemilihan tiga naskah tersebut dilatar-belakangi oleh kegelisahan dalam menghadapi fenomena sosial yang terjadi dewasa ini," kata Suryadi Kusniawan, dosen sekaligus pembina teater.

Menurutnya, ketimpangan ekonomi yang memunculkan masyarakat miskin perkotaan dengan segala hiruk pikuk kehidupannya dipotret dalam naskah Kakus, dengan memanfaatkan kakus sebagai pemadatan aktivitas masyarakat miskin kota.

"Diskriminasi terhadap perempuan, apalagi dengan status mantan pelacur yang berjuang melawan maut yaang dibawa oleh "raja singa" melalui tokoh Maria Zaitun dihadirkan dalam naskah Nyanyian Angsa, sebagai potret perempuan yang menggugat otoritas agama, negara, dan konsepsi masyarakat.

Geliat pergerakan mahasiswa dalam memperjuangkan apa yang dianggap ideal dalam sistem pemerintahan dihadapkan pada kenyataan pergesekan kepentingan di tatanan internal para pelaku pergerakan," papar Suryadi.
 
Rangkaian pertunjukan teater tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggerakan oleh PBSI Adi Buana melalui pemberlakuan mata kuliah teater untuk mahasiswa yang sudah memasuki semester enam.

Pemberlakuan mata kuliah teater diharapkan menjadi pengalaman langsung dan empiris bagi mahasiswa dalam peritiwa teater, sehingga pengalaman tersebut menjadi pemahaman  otentik bagi mahasiswa tentang apa yang dinamakan peristiwa teater.

Selain itu, sebagai salah satu kampus berbasis pendidikan yang nantinya akan menelorkan calon-calon guru maka pengalaman dalam keterlibatan dengan peristiwa teater akan meningkatkan kemampuan transfer ilmu kepada siswa didik kelak dalam memahami drama dan teter.

Lebih jauh diharapkan dunia pendidikian, mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi, menjadi basis bagi laboratorim pengembangan teater di Indonesia. [but]

Tag : teater

Komentar

?>