Sabtu, 16 Desember 2017

Bahaya Dengarkan Musik Lewat Earphone Terlalu Lama

Selasa, 21 Maret 2017 08:44:26 WIB
Reporter : -
Bahaya Dengarkan Musik Lewat Earphone Terlalu Lama

Jakarta (beritajatim.com) - Perilaku mendengarkan tidak aman seperti mendengarkan musik melalui earphone dengan volume berlebihan dalam durasi yang sangat lama, akan berisiko pada gangguan pendengaran.

Ganggaun pendengaran akibat bising (GPAB) dapat bersifat sementara atau permanen. Biasanya, seseorang yang mengalami gangguan pendengaran sementara setelah meninggalkan tempat yang bising. Meskipun pendengaran dapat pulih setelah beberapa jam, akan tetapi masalah ini tidak boleh diabaikan.

Jika terpapar kebisingan setiap hari dan berulang, maka pendengaran seseorang dapat rusak secara permanen. Kerusakan permanen dapat terjadi akibat pengabaian gangguan rusak secara permanen. Kerusakan permanen dapat terjadi akibat pengabaian gangguan pendengaran sementara atau akibat mendengar suara sangat keras secara tiba - tiba, seperti suara ledakan mesin atau senjata.

Terdapat beberapa penyebab utama ketulian menurut dr. Soekirman Soekin, Sp.T.H.T.K.L M.Kes sebagai Ketua Perhimpunan ahli THT Bedah Kepala Leher PERHATI-KL), saat ditemui di kantor Ditjen P2P, Jakarta, Senin (20/03/2017).

1. Penyebab ketulian atau gangguan pendengaran adalah radang telinga menahun atau congek. Sebanyak 3,1 persen

2. Tuli sejak lahir, sekitar 0,1 persen terjadi pada bayi baru lahir

3. Tuli akibat bising sekitar 20 - 30 persen terjadi pada pekerja pabrik.

4. Tuli karena usia tua sekitar 2,6 persen

"Ini berkaitan dengan gangguan darah, kencing manis juga menjadi pemicunya," kata Soekirman Soekin.

5. Kotoran telinga, pada anak SD sekitar 20 - 30 persen. Ini akan berakibat pada produktivitas belajar anak yang turun karena tidak bisa berkonsentrasi saat belajar.

6. Penggunaan obat - obatan, sekitar 0,3 persen.

7. Tuli mendadak, terjadi sekitar 1 persen. [inilah.com]

Komentar

?>