Minggu, 30 April 2017

Tagihan Belum Dibayar, Subkontraktor Turunkan Genting Kampus UB Kediri

Jum'at, 21 April 2017 23:29:48 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Tagihan Belum Dibayar, Subkontraktor Turunkan Genting Kampus UB Kediri

Kediri (beritajatim.com) - Sub kontraktor penyuplai material proyek pembangunan kampus III Universitas Brawijaya (UB) Kediri di Kekurahan Mrican, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri menurunkan paksa genting yang sudah dipasang. Alasanya, hingga jatuh tempo, rekanan pemenang tender PT. Duta Karya Perkasa (DKP) asal Bali belum melunasi uang pembayaran.

Ada tujuh dari total sembilan Sub Kontraktor yang datang ke lokasi proyek pembangunan Kampus III UB Kediri, Jumat (21/4/2017). Mereka semua menagih kekurangan uang pembayaran.
Karena tidak membuahkan hasil, salah satu Sub Kontraktor yaitu Sukontraktor Baja dari rangka atap menurunkan paksa sebanyak 500 genting yang sudah terpasang di gedung tersebut.

Saat penurunan genting, beberapa personil kepolisian dan TNI terlihat mengamankan agar tidak terjadi keributan. Polisi juga berjaga di dalam dan luar gedung.

"Kita hanya melakukan pengawasan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini masalah internal yang harus diselesaikan oleh yang bersangkutan," ujar Wakapolsek Mojoroto AKP Sughiyanto.

Untuk menghindari keributan akhirnya petugas kepolisian meminta Kontraktor PT Duta Karya Perkasa Bali untuk membuat surat pernyataan tertulis. Didalam surat tersebut, pihak rekanan meminta perpanjangan tempo pelunasan hingga satu minggu ke depan. Adapun kekurangan pembayaran itu kabarnya lebih Rp 1 miliar.

Terpisah, Kabag Humas Pemkot Kediri Apip Permana mengku, apabila persoalan tersebut tidak berkaitan dengan pemkot, melainkan diantara kontraktor dan subkontraktor. "Persoalan itu antara kontraktor dg Sub Kontraktor. Bukan persoalan pemkot," tulis Apip melalui pesan pendek.

Untuk diketahui, pembangunan kampus III UB Kediri menelan anggaran APBD Kota Kediri sebesar Rp 19 miliar. [nng/suf]

Tag : ub kediri

Komentar

?>