Kamis, 27 Juli 2017

Puluhan Pemuda Ansor Bantu Uruk Sumur Ambles di Kediri

Jum'at, 19 Mei 2017 23:01:25 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Puluhan Pemuda Ansor Bantu Uruk Sumur Ambles di Kediri

Kediri (beritajatim.com) - Puluhan anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor Wilayah Jawa Timur bersama Ansor Kabupaten Kediri menggelar bakti sosial (baksos) membantu menguruk sumur - sumur ambles milik masyarakat di Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jumat (19/5/2017).

Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri Munasir Huda mengatakan, kegiatan sosial ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan hari lahir (harlah) GP Ansor Nasional yang ke 83 yang ditempatkan di Kediri, tepatnya di kawasan Puncu.

"Hari ini kami membantu masyarakat Puncu menguruk sumur sumur mereka yang ambles. Sabtu (20/5/2017) besok kami melakukan penanaman pohon bambu di wilayah Kecamatan Mojo," ujar Munasir Huda.

Baksos melibatkan 50 orang pemuda ansor berasal dari pegurus anak cabang di Kabupaten Kediri dan Banser Tanggap Bencana (Basana) dan pengurus wilayah Jawa Timur. Hadir secara langsung Kasat Korwil Banser Jawa Timur Gus Abid Umar.

Munasir Huda menambahkan, GP Ansor merasa terpanggil untuk membantu masyarakat menguruk sumur sumurnya yang ambles. Sebab jumlah sumur yang ambles tersebut banyak dan warga kesulitan dalam memperoleh tenaga.

"Kami menyediakan tenaga. Sementara material tanah uruk sudah disediakan. Kami melihat beberapa sumur masih belum diuruk maksimal. Itu sebabnya, kami datang untuk membantu," jelasnya.

Untuk diketahui, fenomena sumur ambles di Kabupaten Kediri terjadi di Kecamatan Puncu dan Plosoklaten. Tercatat ada sekitar 137 sumur warga yang ambles karena struktur tanahnya erosi akibat tergerus air bawah tanah. [nng/suf]

Komentar

?>