Jum'at, 24 Nopember 2017

Kapal Terbakar di Masalembu

30 Penumpang KM Mutiara Sentosa 1 Berhasil Dievakuasi

Jum'at, 19 Mei 2017 23:24:54 WIB
Reporter : Temmy P.
30 Penumpang KM Mutiara Sentosa 1 Berhasil Dievakuasi
foto/ilustrasi

Sumenep (beritajatim.com) - Sebanyak 30 penumpang KM Mutiara Sentosa 1 yang terbakar sekitar 3 mil di timur laut Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, berhasil dievakuasi.

"Informasi yang kami terima, 30 penumpang sudah berhasil dievakuasi ke daratan dalam keadaan selamat. Saat ini mereka berada di Pulau Masalembu," kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi, Jumat (19/5/2017).

KM Mutiara Sentosa 1 berlayar dari Surabaya menuju Balikpapan. Kapal yang dinahkodai Yudi tersebut membawa 44 anak buah kapal (ABK), dan 134 'passanger on board' (POB).

"Tidak lama setelah kapal terbakar, ada kapal tunda (tugboat) yang kebetulan lewat. Tugboat itu langsung merapat ke sekoci dan mengevakuasi penumpang," terang Suwardi.

Informasinya, kebakaran kapal terjadi di cardeck. Api semakin lama semakin membesar dan sulit dipadamkan dengan alat pemadam api ringan (apar) dan 'sprinkle'.

Nahkoda akhirnya memerintahkan penumpang dan ABK untuk meninggalkan kapal menggunakan sekoci. Kantor SAR Surabaya juga menggerakkan KN SAR. 225 Surabaya menuju lokasi. [tem/suf]

Komentar

?>