Selasa, 17 Juli 2018

Terkait Harga Eceran, Dinas Perdagangan Jawa Timur Diminta Lakukan Pemetaan

Selasa, 17 April 2018 13:10:12 WIB
Reporter : Hendra Brata
Terkait Harga Eceran, Dinas Perdagangan Jawa Timur Diminta Lakukan Pemetaan

Jakarta (beritajatim.com) - Penerapan aturan mengenai harga eceran tertinggi (HET) sejumlah komoditas pangan dinilai belum dapat berjalan dengan lancar. Terutama di sejumlah wilayah terutama di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Untuk itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Barat untuk segera memetakan tempat-tempat yang menjual sejumlah komoditas pangan tersebut. "Tujuannya agar mempermudah pengawasan dari penerapan HET, baik di pasar tradisional maupun retail modern," kata Bamsoet, sapaan Bambang, Selasa (17/4).

Dia juga mendorong Kemendag mencari solusi bagi para pedagang yang tidak dapat menerapkan HET, mengingat harga yang diberikan dari agen sudah melebihi HET. Perum Bulog juga perlu melakukan operasi pasar, guna mendapatkan informasi secara langsung apakah sejumlah komoditas yang dijual di atas HET tersebut dikarenakan kurangnya pasokan atau terdapat indikasi kecurangan.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan kepada Pemerintah jika mengetahui pedagang yang masih menjual sejumlah komoditas pangan di atas HET," ujar politikus Partai Golkar ini. (hb/kun)

Komentar

?>