Selasa, 17 Juli 2018

Bacaleg Keluar Masuk PN Sidoarjo

Kamis, 12 Juli 2018 23:49:43 WIB
Reporter : M. Ismail
Bacaleg Keluar Masuk PN Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Bulan Juli ini, banyak politisi dan calon politisi keluar masuk Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto No 10 Sidokumpul Kecamatan Sidoarjo.

Kedatangan mereka mengurus Surat Keterangan bebas pidana untuk memenuhi syarat administratif dalam pencalonan sebagai anggota legislatif dalam Pileg 2019 mendatang sesuai dengan catatan kependudukan yang ada.

Mochammad Solichul Umam, salah satunya bakal calon legislatif (Bacaleg) dari DPW PKB untuk DPRD Jatim Dapil 2. "Alhamdulillah sekarang sudah kita siapkan semua. Mulai administrasi, formulir, kelengkapan surat bebas pidana, narkoba, SKCK hingga Surat keterangan sehat jasmani dan rohani sudah kita persiapkan," kata Umam, Kamis (12/7/2018).

Umam menambahkan, kesempatan untuk maju ini tidak bakal disia-siakan. Sebagai pemuda, dirinya ingin tampil memperjuangkan rakyat maupun kalangan muda.

"Legislatif butuh penyegaran. Saatnya para pemuda yang meneruskan perjuangan rakyat. Kami ingin memperjuangkan dan berjuang untuk rakyat, termasuk untuk mengusung kepentingan kalangan muda," ucapnya.

Dia mengakui, menjadi seorang legislator, tentunya tidak semudah saat memiliki ambisi hanya untuk duduk di kursi kedewanan saja. Melainkan bagaimana menjalankan fungsi legislatif sebagaimana mestinya.

Menjadi seorang wakil rakyat tidak terlepas dari tiga fungsi yang harus dijalankan. Yakni sebagai legislasi (legislating) dalam soal pembuat perda, penganggaran (budgeting), dan kontrol (controlling) terhadap jalannya pemerintahan.

Dari pengamatannya selama ini, peran legislatif sudah bagus. Hanya saja legislatif saat ini cenderung memerankan dua fungsi. Sudah bagus ada beberapa perda yang dihasilkan, begitupun dari penganggaran.

"Perda sudah dibikin, anggaran sudah disesuaikan, tapi kontrolnya tidak ada. Hal itu kerap terjadi oleh kalangan dewan baik itu tingkat daerah, propinsi dan pusat," jelas Ketua DPW Gemasaba Jatim itu.

Dari kurang kontrolnya, sambung Umam, banyak terjadinya kecurangan-kecurangan, dan program pemerintah daerah tidak tepat sasaran. Menyikapi hal itu maka dibutuhkan penyegaran bagi posisi legislatif.

"Yang paling memungkinkan saat ini  ya pemuda. Makanya Kalau ada pemuda yang idealisme nya masih kuat, silahkan daftar menjadi caleg. Terutama mereka yang masih berkeinginan  memperjuangkan nasib rakyat," imbuhnya. [isa/suf]

Tag : pileg

Komentar

?>